Inilah Daftar 5 Kesatuan Tentara Khusus Anak-Anak yang Pernah Dibentuk

Hallo gan, kembali lagi nih di thread ane. Kali ini ane ingin membahas tentang kesatuan tentara khusus anak-anak yang pernah dibentuk. 

Hukum internasional telah melarang perekrutan anak di bawah 18 tahun dalam program wajib militer, karena dianggap sebagai bentuk perbudakan. Tetapi dalam sebuah perang, segala cara akan dihalalkan untuk mencapai kemenangan.
Termasuk di antaranya merekrut anak-anak dalam sebuah kesatuan khusus. Pembentukan pasukan khusus anak-anak ini, adalah salah satu strategi yang telah terbukti efektif di berbagai medan pertempuran, karena pihak musuh tidak akan menganggap anak-anak sebagai sebuah bentuk ancaman.
Selain ikut aktif dalam berbagai pertempuran langsung, anak-anak juga digunakan sebagai pengintai, kurir, mata-mata, atau bahkan sebagai tameng hidup. Inilah daftar lima kesatuan tentara khusus anak-anak. Apa saja itu gan??!!!
Cekibrott gan!!!



Quote:1. Kadogo, Kongo
Spoiler for Kadogo

Dalam bahasa lokal, Kadogo artinya adalah “si kecil yang berjuang”. Mereka adalah bagian dari program wajib militer dalam konflik perang saudara Republik Demokratik Kongo (1996-2003). Perekrutan ini merupakan perintah langsung dari mantan presiden Laurent Kabila. Diperkirakan anggota pasukan Kadogo berjumlah kurang lebih 10.000 anak.
Mahkamah internasional yang kemudian mengadili kasus yang termasuk pelanggaran hak asasi manusia ini pada 19 Maret 2006 akhirmya memutuskan hukuman penjara selama lima tahun kepada Mayor Jearn-Pierre Biyoyo. Peristiwa itu adalah pertama kalinya seseorang dihukum oleh mahkamah internasional karena merekrut anak-anak sebagai tentara.


Quote:2. The Grey Ranks, Polandia
Spoiler for The Grey Ranks

Pasukan The Grey Ranks ikut berpartisipasi dalam pemberontakan Warsawa (1944), ketika tentara Polandia berusaha membebaskan kota Warsawa dari pendudukan Nazi Jerman. Beranggotakan anak-anak berusia antara 12-14 tahun , pasukan ini tugas utamanya adalah sebagai kurir dan penyelundup senjata ke basis-basis perlawanan.
The Grey Ranks adalah bagian dari operasi militer Tempest, ketika tentara Uni Soviet menyerang kota Warsawa yang diduduki tentara Nazi Jerman. Sementara tentara Uni Soviet menyerang kota dari arah timur, tentara Polandia mengorganisir warga kota untuk melakukan perlawanan dari dalam, termasuk membentuk pasukan khusus anak-anak The Grey Ranks. Dalam perang kota yang berlangsung selama 63 hari ini, tercatat sebanyak 9.000 anak-anak tewas.


Quote:3. The Small Boys Unit, Sierra Leone
Spoiler for The Small Boys Unit


Small Boys Unit adalah kesatuan tentara yang direkrut secara paksa oleh militan Revolutionary United Front selama perang saudara Sierra Leone (1991-2002). Dalam perang saudara yang berawal dari perebutan kekuasaan atas tambang berlian itu, 25% diantara pesertanya adalah anak-anak yang diculik secara paksa kemudian dilatih sebagai tentara.
Sebanyak 10.000 lebih anak-anak berusia 10-12 tahun menjadi anggota Small Boys Unit. Meskipun anggotanya masih anak-anak, pasukan ini terkenal karena kekejamannya. Tidak jarang mereka bertugas menyiksa dan memotong tangan masyarakat sipil yang membangkang. Pasukan ini bersenjatakan AK-47 karena selain ringan, ukuran senapan ini terbilang kecil sehingga cocok untuk mereka. Berkat kekejaman Small Boys Unit, Sierra Leone tercatat sebagai negara dengan tingkat rata-rata penduduk cacat tertinggi di dunia.
.


Quote:4. Sons of The Regiment, Uni Soviet
Spoiler for Sons of The Regiment


Sudah menjadi tradisi tentara Uni Soviet untuk “mengadopsi” anak-anak dari rumah yatim piatu untuk dilatih sebagai tentara. Kesatuan tentara anak-anak yang disebuts sebagai “sons of the regiment” ini diperkirakan beranggotakan sekitar 25.000 anak-anak berusia dibawah 16 tahun. Pasukan yang aktif di perang dunia II ini selain bertempur di garis depan, juga bertugas sebagai paramedic.
Salah satu cerita terkenal tentang pasukan ini adalah ketika salah satu anggota kesatuan bernama Maria I. Makarova yang saat itu berusia 13 tahun mendapatkan medali kehormatan atas keberaniannya dalam perang mempertahankan Moskow yang dikenal dengan “Battle of Moscow” (1941-1942). Di saat Mayor Jendral Paniflov bertanya kepada Makarova , “Nak, siapa namamu?”, dengan tegas anak ini menjawab , “Aku bukan anak-anak, aku adalah prajurit.” 


Quote:5. SS-Panzer Divison Hitler Jugend, Jerman
Spoiler for SS-Panzer Divison Hitler Jugend


Ketika Nazi menguasai Jerman, indoktrinasi nilai-nilai dan keyakinan akan kebesaran bangsa Arya telah mulai ditanamkan sejak usia dini. Pada tahun 1943, Nazi membentuk kesatuan khusus anak-anak yang disebut SS-Panzer Division Hitler Jugend. Kesatuan ini beranggotakan lebih dari 10.000 lebih anak-anak berusia dibawah 16 tahun. 
Meskipun masih berusia belia, karena indoktrinasi dan fanatisme terhadap Hitler begitu kuat, pasukan ini terkenal berani mati. Keberanian pasukan ini mengagumkan tentara sekutu Inggris dan Kanada yang pernah melawan mereka. Pasukan anak-anak ini dilaporkan bertempur seperti serigala, apabila terkepung atau kalah dalam jumlah, mereka akan melawan sampai habis tak tersisa.


Quote:PENUTUP
Nah, itu dia gan kesatuan-kesatuan tentara khusus anak-anak yang pernah dibentuk.

Ane tunggu komentar2 bermutu dari agan2 sekalian tentang kesatuan2 tentara khusus anak2 yg telah ane uraikan diatas.

Semoga thread ane yg sederhana ini dapat bermanfaat bagi agan-agan sekalian.


Sumber : KASKUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar