Pemerintah Akan Bangun 10 Pabrik Gula dan Butuh Lahan 500.000 Hektar

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, pemerintah akan membangun 10 unit pabrik gula. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik yang akan berada di wilayah Sulawesi itu mencapai 500.000 hektar.
"Jadi ke depan rencana membangun pabrik gula dan membutuhkan lahan yang cukup besar, yaitu lima ratus ribu hektar, dengan jumlah pabrik 10 unit," kata Amran di Istana Kepresidenan, Jumat (27/2/2015).
Amran menjelaskan bahwa setiap pabrik akan mampu memproduksi 10.000-20.000 Tons of Cane per Day (tcd). Pemilihan lokasi di wilayah Sulawesi itu dilakukan karena iklim perkebunan yang cocok untuk gula.
Untuk membangun seluruh pabrik ini, pemerintah memerlukan dana Rp 50 triliun. Saat ini, kata Amran, sejumlah investor dari dalam negeri sudah menyataka ketertarikannya.
"Nanti bisa kerja sama swasta dan PTPN," ujar dia.
Selain mendirikan pabrik gula, pemerintah juga berencan auntuk mendirikan pabrik pengolahan pangan di Kalimantan. Luas areal yang dibutuhkan yakni 500.000 hektar.
Proyek lainnya yang kini disasar adalah pembangunan pabrik perkebunanan kelapa sawit yang akan dibuat di perbatasan Malaysia dan Indonesia seluas 1 juta hektar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar